Anton Glen

Terdaftar sejak 17 Mei 2016

5 Sifat Dasar KTA Yang Perlu Anda Ketahui

 Rabu, 18 Mei 2016 16:20  dibaca 270

image

-

Banyak penduduk Indonesia ingin dan butuh KTA tetapi tidak begitu yakin apa itu KTA, apa saja fitur dan keuntungannya, bagaimana cara kerja KTA dan proses KTA itu ataupun bagaimana suku bunga KTA terhitung. Nah makanya sebelum Anda memulai melakukan aplikasi KTA atau kredit tanpa agunan, Anda mungkin sebaiknya memeriksa 5 sifat dasar dari kredit ini dan mempelajari berbagai seluk beluk tentang kredit tanpa agunan sebelum melakukan aplikasinya agar tidak terjebak dikemudian hari.

 

  1. Jumlah Plafon Pinjaman
    Ketika Anda ingin mengambil sejumlah pinjaman, Anda akan terbatas dengan plafon pinjaman maksimal dari produk bank tersebut. Pada umumnya jumlah pinjaman dana yang dapat diberikan akan tergantung dari pihak bank dan kemampuan Anda membayar cicilan pinjaman tersebut. Misalnya Anda memiliki penghasilan sebesar 10 juta rupiah setiap bulannya dan Anda memiliki cicilan mobil serta cicilan lainnya sekitar 2 jutaan, maka bank tidak akan memberikan Anda jumlah pinjaman dimana cicilannya akan mencapai lebih dari 3 jutaan karena akan melebihi setengah dari penghasilan Anda. Jumlah pinjaman pada umumnya berkisar antara 1 juta hingga 100 atau 200 juta rupiah dari masing-masing produk. Jika Anda membutuhkan dana yang lebih pastikan Anda memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar cicilan Anda

  2. Jangka Waktu Pinjaman
    Setiap pinjaman yang ditawarkan oleh bank berbeda-beda, masing-masingnya memiliki jangka waktu yang bervariasi. Sebagian ada yang berdasarkan bulan dan sebagian ada yang berdasarkan tahun. Akan tetapi secara umum jangka waktu yang diberikan oleh bank berkisar dari 3, 6, 12, 24, 36, 48, 60 bulan atau juga 1 tahun hingga 5 tahun. Jangka waktu KTA memang tidaklah panjang hal ini disebabkan karena KTA tidak memiliki jaminan yang dipegang oleh bank. Lain dengan KPR atau kredit pemilikan rumah, pinjaman rumah memiliki jangka waktu hingga 30 tahunan karena Anda harus mengagunkan rumah Anda kepada pihak bank sebagai jaminan sehingga jika Anda tidak dapat membayar cicilan maka bank akan menyita rumah Anda dan melelangkannya.

  3. Biaya Dan Denda Pinjaman
    Biaya umum yang harus Anda bayarkan ketika melakukan aplikasi KTA adalah biaya provisi, administrasi, materai dan biaya-biaya yang bersifat 1 kali seperti contoh biaya agen yang tercantum di dalam kontrak pinjaman tersebut. Dan apabila Anda ingin melunasi pinjaman tersebut lebih awal dari masa yang disetujui oleh pihak bank, sebagian bank akan memberikan Anda denda beberapa persen dari jumlah pinjaman tersebut kepada Anda. Hal ini disebabkan karena bank akan dirugikan karena bank tidak menerima semua jumlah bunga yang seharusnya mereka terima hingga akhir masa pinjaman. Sehingga bank akan mencantum terlebih dahulu di perjanjian jumlah denda jika Anda ingin melunasi pinjaman lebih awal.

  4. Suku Bunga Pinjaman
    Semua pinjaman tentunya memiliki bunga untuk bank. Bunga ini dapat berupa 2 jenis antara suku bunga menurun atau suku bunga flat. Suku bunga menurun umumnya dikenakan oleh Anda yang ingin mengambil pinjaman dengan agunan seperti KPR, maka pinjaman tersebut memiliki suku bunga menurun. Sedangkan untuk KTA maka Anda akan dikenakan suku bunga flat atau tetap. Perbedaan antara kedua suku bunga ini terletak pada perhitungan bunga yang dibayar oleh Anda setiap cicilan per bulan. Jika suku bunga menurun maka jumlah bunga yang dikenakan kepada Anda berdasarkan dari jumlah pokok dikurangi oleh jumlah cicilan pokok pinjaman yang telah Anda bayar. Sedangkan untuk suku bunga flat maka cicilan akan berdasarkan dari pokok pinjaman awal. Contoh Anda meminjam pinjaman sebesar 100 juta rupiah dengan bunga 5%, maka untuk suku bunga menurun setelah beberapa tahun bunga yang perlu Anda bayarkan per bulan akan dihitung 5% dari 100 juta dikurangi cicilan selama tahun yang telah lewat. Akan tetapi, untuk Suku bunga Flat perhitungan bunga cicilan akan tetap dari jumlah 100 juta rupiah.

  5. Persyaratan Umum
    Untuk Anda melakukan aplikasi KTA setidaknya Anda harus memenuhi persyaratan umumnya, seperti dokumen yang diperlukan, minimum penghasilan, sejarah kredit yang baik. Dokumen yang diperlukan biasanya berupa fotokopi KTP, Fotokopi NPWP, Fotokopi Slip Gaji, dan rekening tabungan selama 3 bulan terakir. Sedangkan untuk minimum penghasilan, akan tergantung pada jumlah pinjaman yang Anda kehendaki seperti yang dijelaskan sebelumnya. Dan untuk sejarah kredit, hal ini merupakan sejarang dimana Anda apakah selalu membayar pinjaman lain yang Anda miliki dengan tepat waktu, apakah Anda tidak pernah menunggak pinjaman ataupun tidak mampu membayar pinjaman atau kartu kredit. Hal ini merupakan faktor penentu bagi pihak bank untuk memberikan Anda pinjaman karena bank tidak ingin pinjaman tersebut tidak dapat dibayar oleh Anda.

Dengan 5 sifat dasar KTA ini, apakah Anda sudah siap untuk melakukan aplikasi KTA yang Anda butuhkan? Jika Anda sudah merasa siap untuk melakukan aplikasi maka Anda dapat melakukan aplikasi online KTA atau datang langsung ke cabang bank yang Anda pilih. Tentunya Anda harus pasti dengan pilihan Anda agar pinjaman tersebut sesuai dengan keperluan Anda dan Anda mampu melakukan cicilan bulanannya.


Memuat Komentar...